Kamis, 29 November 2012

Tips Menjaga Kesehatan Rambut Untuk Wanita Berhijab




Assalamualaikum wr. wb

Hallo guys, kali ini saya akan berbagi info tentang "Tips Menjaga Kesehatan Rambut Untuk Wanita Berhijab". Nah ! Buat yang sudah memakai hijab semoga membantu ya, buat yang berniat pake hijab tapi takut rambutnya rusak, jangan khawatir teman. Berikut tips- tips dari saya :)

Merawat rambut berhijab sebenarnya tidak sulit, asal rutin dilakukan. Perlu di ketahui juga ni guys, kalo    iklim di Indonesia itu kelembabannya cukup tinggi, itu yang terkadang menimbulkan kita mudah terserang penyakit kulit, termasuk kulit kepala kita. Oleh karna itu kita harus ekstra menjaga kesehatan rambut apalagi untuk wanita berhijab, tapi gak perlu khawatir. Perawatannya tidak membutuhkan budget mahal kok, di lakukan di rumah sendiri juga bisa.

Berikut cara agar rambut dan kulit kepala tetap sehat dengan perawatan sendiri :
  1. Keramas teratur 2-3 hari sekali 
  2. Pilih merk shampoo yang sesuai dengan rambut anda, tetapi karna kebanyakan dari wanita berhijab memiliki jenis rambut berminyak maka di sarankan untuk memilih shampoo yang cocok dengan rambut berminyak.
  3. Selalu gunakan hair tonic setelah selesai keramas, jangan lupa untuk melakukan pijatan ringan kepala ya guys, karan pijatan ringan dapat membantu memperlancar peredaran darah kita. Biar gak sering sakit kepala hehe.
  4. Creambath seminggu sekali juga di anjurkan loh guys, hal ini supaya rambut kita tetap mendapatkan nutrisi serta menghindari kulit kepala dan rambut menjadi lembab dan berketombe.
  5. Kesehatan rambut juga di pengaruhi oleh pola makan loh. Untuk itu perbanyak makan - makanan yang banyak mengandung protein serta rendah lemak, vit B6, vit B12, dan zat besi  seperti kacang - kacang, bayam, dan pisang.
 Itu dia tadi tips melakukan perawatan rambut sederhana yang dapat kita lakukan untuk merawat
 rambut berhijab. Selain perawatan tersebut, ada hal lain yang perlu kita perhatikan ni guys. Salah
 satunya memperhatikan kondisi rambut saat kita akan memakai hijab.
  1.  Sebelum mengenakan hijab, pastikan rambut anda dalam kondisi kering, karna rambut basah yang di  tutupi itu dapat membuat rambut menjadi rapuh dan kulit kepala menjadi berketombe, kalian gak mau kan mempunyai rambut yang rontok dan berketombe? So, di keringin dulu sebelum menggunakan hijab ya.
  2. Untuk yang berambut panjang, sebaiknya jangan mengikat rambut terlalu ke atas, itu dapat menyebabkan rambut mudah patah.
  3. Memakai hijab itu baik, tapi di anjurkan jangan sampai seharian ya guys, maksimal 8 jam kalau bisa. Paling tidak di lepas sebentar agar pori - pori di kulit kepala kita bisa bernafas. Kaisan kan kalo kurang oksigen, hiks.
Hal lain yang perlu di perhatikan adalah pemilihan bahan dan warna pada hijab yang akan kalian kenakan, hal ini juga mempengaruhi kesehatan rambut dan kulit kepala. 

  1.  Kalau bisa cari hijab dari bahan kaos atau spandeks untuk kalian gunakan, karna dua bahan itu termasuk jenis bahan yang mudah menyerap keringat. Biar nyaman juga kalian mengenakannya, kan enak kalau gak gerah hehe.
  2. Hindari pemakaian hijab yang berwarna hitam dan berwarna gelap pada siang hari, seperti hal nya baju  yang kita pakai. Hijab dengan warna - warna seperti itu juga tidak menyerap keringat dengan baik. Bayangkan panasnya kulit kepala kita, jika kita memakainya pada siang hari yang panas. Heeeemmm, butuh kipas pastinya hehe.
  3. Kalau bisa hindari pemakaian hijab yang berlapis - lapis, jika memang harus berlapis usahakan jangan sampai berlapis empat ya guys, kasihan kulit kepala kita jika tak mendapatkan udara.
  4. Jangan terlalu sering mengikat kerudung di bagian leher, itu menyebabkan udara sulit masuk ke atas loh.
  5. Jangan memakai hijab yang bahannya terlalu tebal, ketat, dan juga jangan mengikatnya terlalu kuat. Selain membahayakan rambut, itu juga tidak bagus untuk peredaran darah kita.
Sekian tips dari saya, see yaaaa.... Wassalamua 'alaikum wr.wb :)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar